Dampak pengangguran – Ekonomi

Tingkat pengangguran dari tahun ke tahun masih cukup tinggi. Akibat dari pengangguran itu sendiri pun sudah banyak terjadi di Indonesia. Berikut adalah masalah-masalah yang timbul akibat pengangguran:

·           Timbulnya kemiskinan.

Akibat menganggur, tentunya seseorang tidak mempunyai pengahsilan. Dan tentu ia bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Dengan meningkat nya angka pengangguran, maka angka kemiskinan akan ikut bertambah
Saran : Untuk mengatasi Kemiskinan, sebaiknya, pemerintah menyediakan lapangan kerja yang banyak agar penganggur dapat mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan uang untuk kehidupan sehari-hari mereka

kemiskinan

·           Bertambahnya tindakan kriminal

karena tidak memiliki pekerjaan. seseorang pasti dituntut untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam hidupnya terutama makan untuk tetap bisa bertahan hidup. seorang pengangguran bisa saja melakukan tindakan criminal seperti mencuri, mencopet, jambret atau bahkan sampai membunuh demi mendapat sesuap nasi.

Saran : Menanam kan nilai-nilai positif dan mengajarkan norma agar tidak susah untuk mencari pekerjaan sehingga, dalam waktu terdesak pun, kita tidak akan melakukan kriminalitas

kriminalitas

·           Bertambahnya jumlah anak jalanan

Selain bertambahnya jumlah kriminal, akan bertambah pula para pengamen atau pengemis yang kadang kelakuannya mulai meresahkan warga. Karena mereka tak segan-segan mengancam para korban atau bisa melukai apabila tidak diberi uang.

Saran: pemerintah menjalankan sistem Pendekatan Perlindungan (Protection) yang berupaya melindungihak-hak anak jalanan seperti juga hak-hak anak lainnya dengan tidak berpotensi menghapus anak jalanan.

anak jalanan

.           Meningkatnya perumahan kumuh

Karena tidak mendapat penghasilan, orang yang menganggur tidak dapat tinggal di tempat yang layak, tetapi setiap orang membutuhkan tempat untuk tinggal, sehingga mereka memutuskan untuk tinggal di rumah-rumah kumuh karena tidak memiliki pilihan lain.

Saran: Sebaiknya pemerintah memberikan fasilitas perumahan.

rumah kumuh

.           Menurunnya tingkat pendidikan pelajar

Selain menjadi anak jalanan, anak-anak juga tidak akan mampu mendapat pendidikan  yang tingga bahkan tidak mendapat pendidikan sama sekali yang tentunya dapat menurunkan tingkat pendidikan para pelajar.

Saran : Sebaiknya pemerintah memberikan sekolah gratis pada siswa yang putus sekolah

ssc-sby5

1 Comment

  1. jhonni

    Kamu sudah mengerjakan tugas dengan cukup baik dan mengikuti kriteria yang telah ditentukan sehingga hasilnya cukup baik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: